Waralaba atau franchise di Indonesia muncul pada tahun 1950-an ketika dealer kendaraan motor masuk lewat pembelian lisensi. Pada perkembangannya tahun 1970-an, mulai pemberlakuan sistem pembelian lisensi plus. Yang mana seorang franchisee tidak hanya sebagai penyalur saja, namun juga punya hak untuk memproduksi produk bersangkutan.
Kemudian demi menumbuhkan waralaba lebih lanjut, pemerintah Indonesia membuat dasar hukum perundang-undangan yang bisa mengatur keseluruhan dari bisnis waralaba tersebut agar menjadi legal. Dengan pengesahan hukum yang sudah ada, pertumbuhan waralaba atau franchise di Indonesia semakin pesat.
Asosiasi-asosiasi yang berhubungan dengan waralaba pun hadir untuk menguatkan format bisnis ini, antara lain APWINDO (Asosiasi Pengusaha Waralaba Indonesia), WALI (Waralaba & License Indonesia), serta AFI (Asosiasi Franchise Indonesia). Serta dibentuk juga konsultan waralaba yang memberikan segala kebutuha non-material bagi pewaralaba seperti IFBM, The Bridge, Hand Consulting, PT Consulting, Ben WarG Consulting, JSI, dan lain-lain.
Franchise memiliki dua jenis yakni product and trade franchise dan business format franchisee. Pada jenis pertama ialah product and trade franchise, franchisor memberikan lisensi kepada franchisee untuk menjual produk dari franchisor. Misalnya seperti dealer mobil dan stasiun pom bensin.
Sedangkan jenis yang kedua business format franchisee, franchisor memberikan seluruh konsep bisnis mulai dari strategi pemasaran, pedoman sampai dengan standar pengoperasian. Sehingga identitas dari franchisor tersebut tidak akan hilang dari franchisee. Biasanya dapat kita temukan pada fastfood restaurant, hotel, bisnis minuman, dan sebagainya.
Mari kita bahas kategori bisnis waralaba salah satunya bisnis minuman
Franchise bisnis minuman, kini kian menjamur. Dalam sehari mungkin bisa menghasilkan profit sampai jutaan rupiah dengan menggunakan produk waralaba tertentu. Maka dari itu dinilai memiliki prospek yang sangat baik ke depannya.
Para produsen memahami bahwa target pasar menyenangi hal-hal kreatif dan unik sehingga membuat para pengusaha secara terus-menerus memberikan beragam terobosan minuman ke tengah-tengah masyarakat yang selalu haus akan hal tersebut.
Tidak dapat kita pungkiri, dalam seminggu saja pasti Anda bisa mengonsumsi paling tidak 2-3 bentuk minuman dari bisnis waralaba itu bukan? Hayoo…ngaku aja nggak papa, kan pake duit sendiri belinya hehe.
Berikut ini bisnis waralaba minuman yang paling buming dan laris banget di Indonesia yakni Boba Time, Fremilt Thai Tea, Kamsia Boba, Manja Cheese Tea, Chatime, Dum Dum Thai Tea, Xie Xie Boba, Haus!, Kopi Kulo, Kopi Janji Jiwa, Kopi Kenangan, Es The Indonesia, dan masih banyak lagi.
Keuntugan apa saja yang bisa didapatkan melalui bisnis franchise ini?
Target Pasar Luas
Biasanya waralaba bisnis minuman menyediakan konsep yang berbeda dari minuman yang lain, sehingga sangat mudah untuk menggaet target pasar seperti kaum milenial.
Nggak Perlu Membranding Produk
Karena produk franchise sudah terkenal lebih dahulu, jadi Anda tidak perlu bersusah payah pasang membangunnya dari awal agar dikenal oleh orang.
Nggak Bakalan Kesusahan Buat Cari Bahan Baku
Dengan menggunakan bisnis franchise ini, semua perlengkapan bahan dan bahan baku minumannya disediakan oleh franchisor. Sehingga tidak perlu pusing lagi.
Mempunyai Jangka Waktu Lebih Lama
Dalam setahun saja tren bisnis minuman bisa terus berganti dengan yang baru. Akan tetapi terdapat minuman yang selalu bisa bertahan walaupun minuman kreatif lainnya muncul. Salah satu faktornya karena sudah melekat di hati konsumennya.
Modalnya Nggak Bikin Pengeluaran Jadi Kempot
Kebutuhan modal akan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis minuman apa yang akan diambil. Karena sekarang banyak juga waralaba minuman yang menggunakan modal kecil.
Tapi Anda kurang bisa berkembang!
Walaupun penggunaan bisnis waralaba ini bisa mendatangkan banyak keuntungan. Yang menjadi masalah lainnya ialah Anda menjadi kurang berkembang karena hanya berbisnis dengan produk yang sudah terkenal. Apalagi Anda adalah orang yang sebenarnya senang mengambil resiko dalam melakukan sesuatu hal. Bisnis franchise ini menjadi kurang menantang bagi Anda. Karena Anda hanya memasarkan produknya saja tanpa melewati serangkaian proses seperti membuat iklan, membuat resep minuman, membuat konsep penjualan dan sebagainya.
Maka dari itu ada solusi yang bisa Anda pakai untuk membuat usaha dengan merk sendiri, yaitu dengan jasa maklon minuman instan. Yang mana dengan jasa maklon minuman ini, Anda bisa membuat kombinasi rasa minuman bubuk yang sesuai dengan selera, kemudian mendapat izin edar yang legal, bahkan sampai desain kemasan yang diinginkan.
Anda bisa memakai jasa maklon minuman instan siap pakai dari CV. Putra Farma Yogyakarta sebagai mitra bisnis yang sudah berkredibilitas tinggi. Sudah banyak partner kami yang berhasil untuk menjual produk mereka sendiri dengan bekerja sama bersama kami.
Produk kami pun sangat bervariasi. Kami senantiasa menggunakan bahan baku premium agar terjaga kualitasnya dengan berbagai rasa hits yang dijamin laku keras dipasaran seperti kopi, teh, latte, fruitty, dan coklat. Lalu Anda juga akan mendapat kemudahan dalam kepengurusan izin legalnya, karena semua akan kami uruskan sampai beres mulai dari HKI, BPOM, serta HALAL MUI. Dari segi harganya pun sangat terjangkau dibandingkan dengan yang lain. Sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda.
Untuk bisa bekerja sama dengan kami caranya sangat gampang. Anda datang konsultasi sampai mantap, dan tunggu produk Anda jadi sampai ke tangan dengan selamat. Ingin tahu lebih lanjut mengenai info jasa maklon minuman instan? Hubungi kontak pada website CV. Putra Farma Yogyakarta.
“Promo khusus untuk Anda, setiap pembelian 1000 box dapatkan 250 box all varian. Tunggu apa lagi, pesan sekarang juga! Gratis ongkir dalam kota.”
Source :
Leave a Reply
Your email is safe with us.