Persaingan dalam dunia bisnis saat ini, semakin nyata terasa pada lini penjualan berbagai macam produk. Tidak terkecuali pada produk yang menggunakan kemasan sebagai pembungkusnya. Inilah mengapa, kemasan menjadi salah satu faktor pendukung serta daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk membeli. Hal ini juga menguatkan strategi baru dengan pemakaian private label pada sebuah produk, yang mana sebagai salah satu cara untuk menghadapi menurunnya daya beli di masyarakat. Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari simak penjelasannya berikut ini.
Strategi modern berjualan dengan private label.
Private label atau EOM (Original Equipment Manufacturing) ialah merujuk pada sebuah produk yang dimiliki oleh perusahaan tertentu, namun bukan mereka sendiri yang membuatnya. Produk ini mereka dapatkan dari sebuah produsen atau pemanufaktur lain dengan menandatangani kontrak di bawah label mereka sesuai dengan hukum yang berlaku.
Cara kerja private label product :
-
-
- Peritel sebagai pemilik sebuah merek. Di mana peritel ini sudah menentukan semua hal yang berkaitan dengan produk, mulai dari kemasannya, fiturnya sampai spesifikasinya. Lalu peritel akan mencari dan menjalin kontrak kerja sama dengan mitra lain agar dapat memproduksi barang yang dibutuhkannya.
- Kemudian peritel ini akan memberikan label produk sesuai dengan nama brand yang dikehendakinya agar bisa dipasarkan kepada konsumen. Dapat kita ambil contoh pada supermarket A yang mempunyai beberapa produk yang berlabelkan supermarket A itu sendiri.
- Walaupun memakai label nama sendiri, pihak perusahaan supermarket A ini tetap menggunakan private label pada produknya. Yang berarti, supermarket A ini sudah bekerja sama dengan pihak lain untuk membuat produk jadi, akan tetapi label yang tertera pada produk bersangkutan yakni dengan nama supermarket A.
-
6 keuntungan yang bisa didapatkan dengan memakai private label.
Harga Jauh Lebih Terjangkau
Produk-produk yang terjual biasanya akan punya persepsi sebagai produk dengan kualitas premium untuk target pasar tertentu yang dibidik. Hal ini tampak dari citra gambaran yang ditampilkan oleh pemilik produk. Padahal pada kenyataannya, produk tersebut memiliki harga jauh lebih murah daripada citra yang terlihat.
Para pelaku bisnis akan berusaha untuk menaikkan jumlah porduk agar permintaan konsumen senantiasa terpenuhi. HPP (Harga Pokok Penjualan) yang rendah memungkinkan perusahaan untuk menjual produknya lebih banyak.
Umumnya, masyarakat akan cenderung untuk melihat harga produknya terlebih dahulu dan siapa yang membuatnya. Terkadang permasalahan seperti kualitas produk bisa menjadi yang nomer kedua. Sehingga private label ini dapat menjadi solusi yang pas untuk memaksimalkan penjualan.
Menguatkan Ekuitas Suatu Produk
Dapat kita temukan berbagai macam produk mempunyai nama brand yang unik, menarik dan spesifik sesuai dengan pemiliknya. Sebuah brand yang memiliki kekuatan akan dapat menggiring konsumen untuk tidak hanya melihat saja, namun sampai pada tahap membelinya. Sehingga, ketika masyarakat telah menyukai 1 buah produk tertentu akan membuat ekuitas brand tersebut menjadi lebih kuat.
Permintaan Produk yang Lebih Maksimal
Private label ini juga membuat produk mempunyai puncak permintaannya pada saat tertentu. Dengan begitu, perusahan harus senantiasa teliti dalam melihat seberapa besar permintaan pasar terhadap produk bersangkutan dan memaksimalkannya.
Di samping itu, dapat juga memanfaatkan event khusus misalnya pada hari besar nasional untuk menjualkan produk secara maksimal. Dengan cara membuat salah satu produknya menjadi lebih eksklusif, sehingga produk yang ditawarkan menjadi rebutan para konsumen nantinya.
Lebih Mudah Mengontrol Harga
Pemilik perusahaan dapat menentukan besaran biaya serta spesifikasi produk yang diinginkan. Lalu mencari mitra manufaktur yang sesuai dengan kriteria dan budgetnya. Yang mana dengan menjalin kerja sama ini, perusahaan akan menjadi lebih mudah dan leluasa untuk menentukan harga jualnya sendiri.
Jika merujuk pada spesifikasi produknya, sebaiknya melakukan survey pasar terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan dan permintaan seperti apa yang diperlukan oleh masyarakat. Bila perlu cari manufaktur yang dapat berkreasi lebih banyak dengan aneka inovasi dan perkembangan tren di masyarakat agar lebih menarik.
Memasarkan Secara Mandiri
Keuntungan ini tidak hanya dirasakan oleh pemilik merek, namun juga mitra kerja samanya. Karena mitra manufaktur hanya bertugas untuk memproduksi tanpa harus memikirkan strategi pemasaran seperti apa yang harus dibuat. Sehingga produk akan memasarkan dirinya sendiri secara mandiri dari konsumen yang membelinya.
Optimalisasi Kapasitas Utility
Saat melakukan kerjasama dengan pemilik private label, otomatis kapasitas utility-nya akan mengalami peningkatan dan perkembangan. Mitra manufaktur yang sebelumnya mungkin kurang terkenal, dapat melakukan perbaikan bersama dengan pemilik label.
Pilih kami sebagai mitra bisnis Anda.
Kini bagi Anda yang ingin merintis bisnis, tak perlu lagi harus mengeluarkan budget yang besar untuk membangun pabrik dan membayar karyawan. Karena dengan menjalin mitra kerjasama dengan jasa maklon minuman dari CV. Putra Farma Yogyakarta, keinginan Anda untuk memiliki produk minuman instan dengan merek sendiri bisa terwujudkan.
Karena kami merupakan salah satu perusahaan yang berjalan di bidang jasa manufaktur minuman instan sejak tahun 2000 yang sudah berpengalaman dan terpercaya membantu puluhan klien kami untuk membuat produk impian mereka. CV. Putra Farma Yogyakarta juga senantiasa mengembangkan ranah minuman instannya dengan mengikuti tren pasar yang ada. Kami memiliki beragam produk mulai dari minuman kewanitaan, minuman pelangsing, minuman kecantikan, suplemen, minuman herbal, hingga minuman kekinian dalam bentuk curah.
Dengan menggunakan jasa kami, Anda akan mendapatkan beragam fasilitas menguntungkan antara lain :
-
-
- membuat nama brand sesuai keinginan;
- konsultasi mengenai formulasi bahan produk;
- mendapatkan pelayanan desain logo dan kemasan produk secara gratis;
- membeli sampel dahulu untuk uji coba dan bisa revisi sampai merasa mantap;
- bahan baku dengan kualitas premium tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan;
- masa simpan produk hingga 2 tahun;
- kepengurusan izin edar HKI, BPOM, serta HALAL MUI oleh tim legal kami hingga beres;
- pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai pilihan ekspedisi terpercaya.
-
Anda tinggal menerima produk jadi sampai ke tangan Anda dan produknya siap meluncur ke tengah-tengah masyarakat. Jangan lewatkan kesempatan ini dan jadi mitra bisnis kami segera. Hubungi kontak CV. Putra Farma Yogyakarta untuk mengetahui informasi selengkapnya.
Temukan kami di media sosial
Instagram : @putrafarmayogyakarta
Facebook : Putra Farma Yogyakarta
Putra Farma Yogyakarta. Harga minimum, rasa premium.
“Promo setiap pembelian 5000 box free 250 box all varian. Segera buat produk versi terbaik Anda sendiri. Ada free ongkir dalam kota lho!”
Source :
Leave a Reply
Your email is safe with us.