Sudahkah Anda lebih sering memakai produk SNI? Sebuah produk berlabel SNI menjadi patokan untuk menjaga mutu barang-barang produksi Indonesia. Sehingga standar produk yang beredar luas di masyarakat tersebut tidak akan berubah-ubah seenak kehendak produsen. Karena terdapat peraturan dari pemerintah dengan maksud untuk mengawasi seluruh peredaran produk tersebut agar tidak keluar dari jalur resminya.
Seberapa pentingnya SNI?
SNI atau Standar Nasional Indonesia adalah standar yang pemerintah tetapkan untuk berbagai hasil produksi yang masyarakat Indonesia buat, baik secara perorangan maupun oleh badan atau perusahaan.
Komite Teknis -lah yang mempunyai kewenangan untuk merumuskan SNI ini atas penetapan Badan Standarisasi Nasional (BSN). Yang mana merupakan Lembaga Pemerintah Non-Kementerian yang berada di bawah naungan dan bertanggungjawab kepada Presiden. Hal tersebut sejalan dengan aturan yang membahas BSN dalam Peraturan Pemerintah No. 102 Tahun 2000 yang punya peran dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintah di bidang standarisasi dan penilaian kesesuaian sebuah produk berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Peraturan tentang SNI juga telah ada dalam Peraturan Menteri Perdagangan No. 72/M-DAG/PER/9/2015, yang mana mewajibkan barang-barang dalam kategori tertentu harus melalui proses produksi sesuai dengan SNI.
Pemberian label SNI nantinya akan berbentuk stempel pada setiap barang yang sudah sesuai dengan ketentuan dari pemerintah. Stempel inilah yang menjadi penjamin bahwa standar kualitas dan juga kelayakan barang tersebut memang sudah lulus uji serta sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Hal itu juga menjamin hak dan keamanan daripada konsumen yang menggunakan barang-barang tersebut, sehingga tidak ada kerugian yang akan dirasakan oleh si pemakai. Selain itu, SNI juga berarti melindungi hak-hak dan kewajiban para pelaku bisnis dalam melakukan proses produksi atau pemasaran suatu barang.
Penerapan SNI sendiri bertujuan agar konsumen menjadi lebih mudah dan nyaman untuk menemukan produk-produk dalam negeri yang mereka butuhkan. Faktor tersebut menjadi salah satu nilai jual bagi para produsen, yang mana mereka mampunyai jaminan kualitas pada barang-barang yang diproduksi dan ketika diperjualbelikan. Sehingga memungkinkan barang-barang produksi mereka lebih mudah untuk menembus pasar di Indonesia dan bersaing dengan barang dari luar negeri.
Hubungan KAN dengan BSN.
KAN atau Komite Akreditasi Nasional merupakan lembaga yang bertugas untuk melaksanakan tugas dan fungsi dari BSN yakni di bidang akreditasi. Tugas utamanya ialah menetapkan akreditasi dan memberikan pertimbangan serta saran kepada BSN dalam menetapkan sistem akreditasi dan sertifikasi.
Sedangkan KSNSU (Komite Standar Nasional untuk Satuan Ukuran) yaitu lembaga yang bertugas untuk melaksanakan tugas dan fungsi dari BSN di bidang Standar Nasional untuk Satuan Ukuran.
Manfaat SNI pada sebuah produk.
-
-
- Meningkatkan daya saing industri nasional, menjamin mutu hasil industri, dan menciptakan persaingan usaha yang sehat dan adil. Produk yang telah menggunakan standar SNI harapannya mempunyai mutu yang baik dan konsisten, sehingga dapat meningkatkan daya saing dan pemasaran secara global. Penggunaan SNI juga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya apabila terjadi optimasi proses produksi.
- Melindungi konsumen dan meningkatkan kepuasan konsumen. Penerapan SNI wajib bagi produk yang memiliki risiko tinggi contohnya seperti air minum (AMDK), mainan anak, tabung gas, regulator, dan selang gas. Hal ini bertujuan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan konsumen. Sehingga konsumen lebih percaya diri saat memilih dan memakai produk ber-SNI yang aman, dapat diandalkan dan berkualitas tinggi.
- Memberikan fasilitas kepada para produsen untuk selalu meningkatkan pasar terhadap produk yang sudah mereka hasilkan.
-
Metode perumusan SNI.
Openess (Keterbukaan)
Terbuka bagi semuanya agar stakeholder yang berkepentingan dapat berpartisipasi dalam pengembangan SNI.
Transparency (Tranparansi)
Bersifat transparan agar seluruh stakeholder yang mempunyai kepentingan dapat mengikuti perkembangan SNI mulai dari tahap pemrograman dan perumusan sampai ke tahap penetapannya. Dan dapat dengan mudah memeroleh semua informasi yang berkaitan dengan perkembangan SNI.
Consensus and Impartiality (Konsensus dan Tidak Memihak)
Tidak memihak siapapun dan berkonsensus agar semua stakeholder dapat menyalurkan kepentingannya dan mendapatkan perlakuan secara adil.
Effectiveness and Relevance (Efektif dan Relevan)
Mempunyai keefektivitasan dan relevansi untuk memfasilitasi perdagangan karena memperhatikan kebutuhan pasar dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Coherence (Koheren)
Bersifat koheren dengan perkembangan standar internasional agar perkembangan pasar negara kita tidak terisolasi dari perkembangan pasar global dan memperlancar perdagangan internasional.
Development Dimention (Berdimensi Pembangunan)
Berdimensi pembangunan agar memperhatikan kepentingan publik dan kepentingan nasional dalam meningkatkan daya saing perekonomian nasional.
Cara mendaftarkan SNI.
Pendaftaran SNI dapat dilakukan di Kementerian Perindustrian melalui Lembaga Sertifikasi Produk Pusat Standarisasi (LSPro-Pustan). Berikut ini tahapan-tahapannya :
Mengisi Formulir Permohonan SPPT SNI
Proses ini akan membutuhkan waktu selama sehari. SPPT SNI ini akan membutuhkan beberapa dokumen sebagai lampiran, antara lain :
- Fc sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 yang telah melalui proses legalisasi. Lembaga Sertifikasi Sistem Mutu (LSSM) yang akan memberikan sertifikat ini ketika sudah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).
- Sertifikat dari LSSM negeri asal produk yang sudah punya perjanjian saling pengakuan dengan KAN, jika produk tersebut merupakan produk impor yang berasal dari luar negeri.
Verifikasi Permohonan
Setelah semua proses pengisian dan juga perlengkapan dokumen tersebut telah selesai dan lengkap, maka LSPro-Pustan kemudian akan melakukan verifikasi terhadap beberapa hal seperti jangkauan lokasi audit, dan kemampuan memahami bahasa setempat. Proses ini akan memakan waktu 1 hari. Setelah verifikasi selesai, maka akan diberi invoice berisi rincian biaya yang harus dibayarkan.
Audit Sistem Manajemen Mutu Produsen
Pengecekan terhadap kesesuaian penerapan sistem manajemen mutu yang produsen lakukan di dalam bisnis yang dijalankan tersebut. Biasanya akan membutuhkan waktu sekitar 5 hari, yang meliputi dua hal yaitu kesesuaian dan kecukupan.
Dalam audit ini, tim akan melakukan peninjauan terhadap dokumen Sistem Manajemen Mutu yang dimiliki. Apabila menemukan ketidaksesuaian dalam audit tersebut, maka akan ada koreksi yang harus dilakukan dalam waktu maksimal selama 2 bulan.
Pengujian dan Penilaian Sampel Produk
Tim LSPro-Pustan akan datang ke tempat produksi dan mengambil sampel produk untuk melalui uji kelayakan. Proses ini pada umumnya akan memakan waktu sekitar 20 hari.
Setelah melaksanakan proses tersebut, maka akan terlihat apakah hasil uji sudah sesuai dengan SNI atau belum. Jika ternyata belum, maka harus menguji sendiri produk tersebut sampai sesuai dan kemudian layak untuk dicek kembali oleh tim LSPro-Pustan.
Keputusan Sertifikasi
Setelah melalui semua rangkaian proses di atas, maka tim akan merapatkan hail audit dan pengujian yang telah dilakukan. Penyiapan bahan rapat akan membutuhkan waktu selama 7 hari, sedangkan rapat panelnya sendiri akan berlangsung selama sehari.
Pemberian SPPT-SNI
Tim LSPro-Pustan akan memberikan klarifikasi bisnis tersebut setelah rapat panelnya selesai, maka produk bisa mendapatkan sertifikat resmi SNI. Prosesnya akan memakan waktu kurang lebih 1 bulan dan sertifikatnya tersebut akan berlaku selama 3 tahun ke depan.
Pentingnya sebuah produk berlabel izin edar di dalamnya.
Tentu saja ketika Anda akan merintis sebuah bisnis katakanlah bisnis minuman instan, perlu adanya label izin edar yang menyertainya. Hal ini dimaksudkan agar produk tersebut memiliki mutu dan keamanan yang terjamin ketika masyarakat mengonsumsinya. Untuk mengurus keseluruhan izin edar tersebut Anda pasti membutuhkan waktu, dana dan tenaga yang tidak sedikit. Apalagi jika harus masih memikirkan tanggungan produksi barang dan membayar karyawan nantinya.
Maka dari itu ada solusi jitu bagi semua permasalahan Anda di atas yakni dengan memakai jasa maklon minuman instan dari CV. Putra Farma Yogyakarta. Kami siap membantu Anda untuk mengurus seluruh izin edar yang Anda butuhkan seperti HKI, BPOM, dan HALAL MUI sampai tuntas.
Beragam produk minuman instan bisa Anda buat mulai dari minuman kesehatan hingga minuman kekinian yang jadi incaran semua orang. Akan ada banyak benefit yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi mitra bisnis bersama kami antara lain :
-
-
- buat nama brand sendiri dan diskusi komposisi produk sesuai selera Anda;
- beli sampel untuk mencoba dulu dan revisi berkali-kali sampai deal;
- free pelayanan desain produk sesuai keinginan Anda;
- bahan baku berkualitas premium tanpa bahan pengawet tambahan;
- waktu simpan produk sampai 2 tahun lamanya;
- pengiriman seluruh wilayah Indonesia dengan ekspedisi pilihan Anda.
-
Jangan sampai terlewat kesempatan yang sangat baik ini. Kunjungi kontak CV. Putra Farma Yogyakarta untuk keterangan lebih lanjut.
Temukan kami di media sosial
Instagram : @putrafarmayogyakarta
Facebook : Putra Farma Yogyakarta
“Promo setiap pembelian 5000 box gratis 250 box all varian. Gratis ongkir dalam kota lho!”
Source :
Leave a Reply
Your email is safe with us.