Beberapa waktu belakangan ini, bisnis minuman jamu semakin marak di pasaran Indonesia. Mengingat bahwa semenjak pandemi Covid-19 hadir, permintaan pasar akan minuman jamu tersebut tidak ada habisnya.
Melihat potensi bisnis yang menjanjikan di depan mata, Anda pun memiliki kesempatan besar untuk mengembangkannya lho! Simak pemaparan strategi bisnis jamu kemasan kekinian berikut ini yuk!
Baca juga : 6 Kreasi Minuman Booming Korea, Nikmatnya Bikin Koma
Apa aja sih strategi bisnis jamu kemasan kekinian yang harus Anda tahu?
Menentukan Varian Minumannya
Minuman jamu memang menjadi salah satu minuman andalan masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu.
Di Indonesia sendiri, varian jamunya juga terbilang sangat banyak mulai dari kunir asem, jahe wangi, beras kencur, temulawak, teh rosella, teh bunga telang, dan masih banyak lagi.
Bagi Anda yang tertarik untuk merintis bisnis ini, Anda bisa memulainya dari menentukan berapa macam atau jenis produk jamu yang ingin dijual.
Setelah itu, Anda bisa mulai survei harga bahan baku, peralatan apa saja yang digunakan, serta bagaimana cara membuatnya.
Namun yang paling penting adalah Anda juga harus mempersiapkan modal yang akan dikeluarkan. Hal ini nantinya berguna untuk menghitung berapa banyak jumlah hasil produk dan harga jualnya di pasaran.
Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan berapa lama waktu untuk balik modal.
Contoh perkiraan modal yang harus dipersiapkan:
Baca juga : Pencernaan Kuat dengan 4 Rekomendasi Merek Susu Fermentasi
Inovasi Minumannya
Strategi bisnis jamu kemasan kekinian berikutnya adalah inovasi produk. Tentu saja untuk memikat lebih banyak konsumen, Anda harus memikirkan inovasi produk tersebut.
Apalagi pangsa pasar milenial pun sangat mudah dipikat dengan produk yang dikemas kekinian, walaupun sebenarnya minuman notabene kuno.
Yang mana Anda bisa membuat formulasi minumannya dengan menambahkan bahan/nutrisi tertentu yang belum pernah digunakan sebelumnya, ataupun membuat rasanya tidak terasa seperti minuman jamu pahit.
Sebelum Anda terjun untuk memproduksinya, Anda dapat melakukan observasi dahulu guna melihat dan mempelajari produk kompetitor sejenis.
Dengan begitu, Anda bisa mengambil celah yang ada untuk membuat produk yang lebih menjual.
Saat ini, inovasi bentuk minuman paling dicari yakni yang bentuknya instan siap seduh. Hal ini karena melihat dari segi ketahanan produknya yang lebih lama dan desain kemasannya dapat dibuat semenarik mungkin.
Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebersihan pembuatan, mempertahankan keaslian/konsistensi rasa, serta kualitas tekstur produk minumannya.
Hal ini karena produk yang bermutu tinggi, sudah pasti terjamin menyehatkan dan akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan konsumen.
Baca juga : Ladies! Ini Dia 5 Minuman Sehat untuk Berantas Keputihan
Nama Brand & Desain Kemasan
Di samping kualitas dan inovasi minuman, hal penting lain yang perlu Anda perhatikan ialah pemberian nama merek serta desain kemasan produknya.
Karena kekuatan kedua komponen tersebut sangat mempengaruhi kinerja dari sebuah produk bisa memikat konsumen atau tidak.
Di mana untuk sebuah merek sendiri, ia tidak hanya bekerja sebagai sebuah nama saja. Namun juga menjadi branding bagi bisnis minuman Anda.
Dengan nama merek yang menarik, secara otomatis akan membuat konsumen penasaran dan ingin membelinya.
Anda dapat memilih nama yang unik, memiliki makna positif, mudah diingat, mencerminkan produknya, belum pernah digunakan sebelumnya, gunakan logo, dan hindari kemiripan dengan kompetitor.
Namun Anda juga sangat sampai lupa untuk mendaftarkan nama merek Anda tersebut ke HKI, BPOM, serta HALAL MUI untuk mendapatkan sertifikat resmi.
Karena bila Anda ingin meluaskannya sampai ke pasar Nasional, izin edar tersebut sangatlah penting.
Gunanya supaya produk Anda terlindungi badan hukum, tidak lenyap dari pasaran akibat razia produk illegal, serta sudah terbukti layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat.
Kemudian untuk desain kemasan, Anda bisa memilih desain yang kekinian/modern, disukai milenial, ataupun out of the box.
Karena desain yang estetik, nyatanya mampu membuat konsumen melirik dahulu sebelum tahu isi produk sebenarnya lho!
Selain itu, Anda juga harus memperhitungkan material kemasan yang digunakan. Hal ini menjadi salah satu pertimbangan konsumen ketika akan membeli.
Alangkah baiknya untuk memilih material yang kuat seperti plastik tebal, alumunium, atau campuran alumunium serta kertas. Karena dengan material yang kuat, akan membuat produknya jadi lebih tahan lama.
Selanjutnya Anda juga memilih bentuk kemasan yang akan dipakai. Anda bisa menggunakan bentuk kemasan standing pouch, botol, atau sachet dan dikemas dalam box.
Baca juga : Tilik 4 Jenis Zat Stimulan dalam Teh yang Perlu Diketahui
Gencar untuk Promosi
Strategi bisnis jamu kemasan kekinian yang terakhir ialah promosi atau pemasaran. Tanpa adanya promosi, ibaratnya produk tersebut tidak punya nyawa. Maka dari itu, sangat penting melakukan pemasaran secara gencar.
Walaupun kebanyakan peminat minuman jamu adalah orang tua, tidak menutup kemungkinan generasi muda sekarang tidak menyukainya.
Yang terpenting adalah Anda siap dan berani untuk memasarkannya ke seluruh lini usia. Untuk membuat produk Anda semakin meluas lebih cepat, Anda memaksimalkannya dengan 2 cara yakni secara online dan offline.
Promosi online sendiri, bisa Anda fokuskan pada pembuatan konten produk berupa poster maupun video di media sosial.
Kemudian untuk menarik minat konsumen terlebih dahulu, Anda dapat menawarkan diskon atau give away dan menggaet influencer tertentu.
Jangan lupa untuk memasarkannya melalui market place tepercaya, dengan begitu Anda tidak hanya mendapatkan pemasukan dari 1 media saja.
Lalu untuk cara offline-nya, Anda bisa menitipkan produk jamu tersebut ke warung tetangga, supermarket, pasar, toko klontong, angkringan, warung makan, bahkan café atau restoran.
Atau Anda bergabung di UMKM dan mengikuti pameran/workshop tertentu untuk memperkenalkan produk jamu Anda.
Baca juga : 5 Minuman Alami Pendorong Metabolisme, Diet No Problem!
Dengan 1 cara ini, semua urusan Anda tuntas deh!
Masa pandemi sekarang yang masih harus fokus pada peningkatan kesehatan, membuat produk minuman herbal selalu jadi incaran masyarakat. Ini menjadi peluang yang menguntungkan bagi Anda yang ingin terjun dan mencoba untuk membangun bisnis tersebut.
Namun langkah Anda akan lebih mudah, apabila mempercayakannya kepada jasa maklon minuman instan yang berpengalaman dan berkredibilitas tinggi seperti CV. Putra Farma Yogyakarta. Karena tanpa perlu mendirikan pabrik terlebih dahulu, Anda sudah bisa memperoleh produk berkualitas dan berizin legal.
Dengan jasa kami, Anda dpaat memilih sendiri produk minuman herbal impian Anda di antaranya lemon honey, lemongrass honey, ginger honey, rosella tea, teh bunga telang, temulawak, beras kencur, kunir asem, cinnamon honey, serta teh sereh. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitasnya, karena kami menjamin memakai bahan baku premium pilihan terbaik tanpa tambahan pewarna berbahaya maupun pengawet buatan apapun!
Dapatkan beragam keuntungan dengan join bersama kami antara lain formulasi khusus; gratis desain kemasan; kepengurusan izin edar; produk tahan lama; free sampel; pembayaran fleksibel; negosiasi HPP; produksi berstandar GMP serta HACCP; dan lain-lain.
Maklon terlengkap dan tepercaya dengan proses yang memudahkan, cepat, aman, amanah, serta terjangkau. Untuk informasi selengkapnya, silahkan hubungi kontak CV. Putra Farma Yogyakarta.
Temukan kami di media sosial:
Instagram @putrafarmayogyakarta
Facebook Putra Farma Yogyakarta
LinkedIn Putra Farma Yogyakarta
Twitter @putrafarmayk
TikTok @putrafarmayogyakarta
Putra Farma Yogyakarta. Harga minimum, rasa premium.
“Promo setiap pemesanan 5000 box, akan mendapatkan free 250 box all varian. Segera buat produk versi terbaik Anda yuk! Ada free ongkir dalam kota lho!”
Source :