Sebuah logo menjadi hal yang penting agar sebuah usaha dikenal secara luas oleh pasar. Namun masih banyak orang yang mengabaikan pentingnya logo bagi produk tersebut.
Padahal kegunaannya sangat penting, yakni sebagai identitas diri perusahaan dan branding produk agar terlihat lebih profesional.
Untuk itu mari kupas lebih lanjut dan berkenalan dengan tipe logo merek untuk usaha yang perlu Anda pahami secara mendalam.
Cek selengkapnya di bawah ini.
Baca juga: 4 Peranan Logo Brand Bisnis, Identitas Produk Penggaet Pasar
Tipe logo merek untuk usaha yang bisa jadi inspirasi.
Emblem Logo/Logo Lambang
Contoh logo satu ini punya kecenderungan tampilan yang tradisional dengan gaya klasik dan memiliki efek mencolok.
Di mana ciri khas yang terlihat yaitu memakai ukiran bentuk yang rumit, pemilihan warnanya tidak terlalu mencolok, dan beberapa logo menggabungkan gambar dengan tulisan.
Biasanya digunakan oleh lembaga pemerintah, sekolah, perusahaan tertentu, ataupun sebuah organisasi.
Walaupun begitu, ternyata gaya logo ini dinilai terlalu kaku dan rumit bagi sebagian perusahaan.
Sehingga kurang fleksibel untuk membaur pada media tertentu. Kekurangannya juga terletak saat logo ini dicetak.
Detailnya yang rumit dan banyak, membuatnya akan sulit terlihat jika ukurannya kecil.
Maka dari itu, tips untuk membuat sebuah logo dengan model lambang ini bisa dengan memilih desain simbol yang tidak terlalu rumit agar terlihat lebih fleksibel.
Combination
Model logo kombinasi merupakan gabungan antara wordmark, lettermark, simbol, abstrak, hingga mascot.
Keseluruhan elemen tersebut bisa saling bertumpuk, berdampingan, serta berpadu dengan baik untuk membentuk sebuah logo.
Walau dari bentuk yang berbeda-beda, ternyata dapat menciptakan kesan menarik yang saling mendominasi dan tidak dapat terpisahkan.
Anda dapat melihatnya dari banyak merek yang sukses dengan mengusung model logo ini, karena karakteristiknya yang kuat dan mudah dikenali tersebut.
Pictorial/Logo Simbol
Jenis pictorial logo lebih cocok untuk perusahaan yang sudah lama berdiri. Hal ini karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk memperkenalkannya secara luas.
Logo ini mudah diingat dari bentuknya yang berupa ikon atau simbol grafis. Di mana gambar tersebutlah yang menjadi wakil utama dari sebuah merek, agar brandingnya lebih gampang.
Di era sekarang, penggunaan pictorial ini jauh lebih sederhana dengan berbagai macam bentuk di antaranya symbol, hewan, alam, maupun benda.
Yang membuatnya tricky dalam pembuatannya ialah sebuah merek hanya akan mengandalkan gambar saja, tanpa ada embel-embel tulisan apapun.
Simbol yang ada pada merek tersebut harus bisa mewakili visi misi, tujuan, serta filosofi yang perusahaan bersangkutan bangun.
Apabila ingin membuat jenis logo yang satu ini, harus mempertimbangkan keseluruhan konsep dengan sifat consis dan on pioni mulai dari bentuk, ukuran, serta pemilihan warna.
Jika ada 1 saja elemen yang berubah, maka arti logo tersebut juga bisa berubah.
Baca juga: 6 Inspirasi Kemasan Produk Kreatif Untuk Ide Bisnis Anda
Wordmarks/Logotypes
Model logotypes ini terbuat dari dominasi susunan teks yang berisikan nama merek dan fokus pada usahanya.
Bentuknya sendiri dapat berupa tanda tangan, tulisan tangan, font khusus, maupun font yang sudah ada.
Sedangkan untuk warnanya sendiri, lebih mengandalkan warna-warna solid yang jelas dan terang.
Pada umumnya digunakan oleh perusahaan yang baru dirintis. Hal ini karena wordmarks biasanya mudah untuk diingat dan dikenal oleh konsumen.
Sebuah perusahaan dengan nama catchy dan ringkas, disarankan untuk memilih model logo yang satu ini.
Di mana akan mengandalkan jenis font tertentu sebagai nama merek dan berguna untuk branding perusahaan.
Namun perlu Anda perhatikan ketika akan membuat model wordmarks ini, karena tipografi tertentu yang sudah mempunyai ciri khas atau elemen menonjol tersebut bisa saja sudah terpakai oleh perusahaan tertentu.
Biasanya terkenal dengan nama Pictorial name logos, yang mana memiliki kekuatan visual font kuat.
Sehingga ketika diganti dengan nama atau warna lain, efeknya tetap akan kembali pada nama merek sebenarnya.
Lettermark/Monogram
Tipe logo merek untuk usaha selanjutnya yaitu monogram. Di mana hampir sama seperti wordmarks, hanya saja jumlah huruf yang digunakan 2-4 buah saja.
Teks tipografi tersebut merupakan representasi inisial atau singkatan dari perusahaan bersangkutan supa lebih mudah dilafalkan.
Yang mana sebagai refleksi dari sifat sederhana, mudah dipahami, serta efektif untuk meningkatkan brand awareness agar mudah diingat konsumen.
Dalam pembuatan monogram, huruf inisial pembangunnya akan melalui proses modifikasi sedemikian rupa dengan style tersendiri agar menjadi identitas sebuah merek produk.
Meskipun begitu, tingkat kesulitannya untuk membuatnya tidaklah mudah daripada tipe logotypes.
Trik untuk membuat tipe logo satu ini ialah sebaiknya memakai jenis font yang gampang terbaca dan unik.
Agar efeknya tersampaikan dengan jelas kepada konsumen Anda.
Logo Abstrak
Jenis yang berikut ini juga mengusung model logo gabungan dari tulisan dengan gambar.
Perbedaannya dengan kombinasi ialah dari pemakaian gambar, di mana bentuknya cenderung geometris (segitiga, kotak, garis, dan sebagainya) atau organis dan tersusun secara abstrak agar membentuk sebuah gambar anti-mainstream.
Melalui gambar tersebut, ternyata sanggup mewakili peran sebuah merek atau perusahaan lho!
Biasanya logo dengan bentuk unik, lebih mudah untuk melekat dalam benak audiens yang melihatnya.
Walaupun begitu, pembuatan logo abstrak juga harus terkonsep dan memenuhi makna simbolis, tujuan, visi misi, serta filosofi yang menjadi jati diri dari perusahaan bersangkutan.
Logo Maskot/Karakter
Tipe logo merek untuk usaha yang terakhir ialah menggunakan maskot. Yang mana maskot ini merupakan karakter yang mampu mewakili identitas dari sebuah perusahaan.
Karakter ini bisa berupa fiksi maupun nyata dengan beragam bentuk mulai dari manusia, hewan, tumbuhan, ataupun benda yang seolah dianggap hidup.
Kalau zaman sekarang bisa jadi sebuah brand ambassador yang berpeluang untuk memperkenalkan produk Anda ke pasar.
Penggunaan maskot sendiri bisa digunakan oleh perusahaan yang mengusung ide keasrian, kehangatan, kegembiraan, dan bersahabat.
Biasanya logo maskot ini memakai warna-warna yang ceria, sehingga memberikan keterbukaan serta terkesan playfull.
Baca juga: 8 Siasat Jitu Pemasaran Digital, Agar Bisnis Berkembang Pesat
Pengen punya produk dengan desain logo sendiri?
Membuat logo memang tidaklah mudah. Keseluruhan elemen harus bisa tersemat secara baik dalam sebuah logo.
Walaupun begitu, penggunaan logo bagi sebuah produk menjadi penting adanya. Karena menyangkut hidup mati bagi sebuah usaha yang sedang berjalan.
Jika Anda tertarik untuk membuat produk minuman bubuk instan dengan desain logo sendiri, percayakan saja kepada jasa maklon minuman instan yang berpengalaman dan berkredibilitas tinggi seperti CV. Putra Farma Yogyakarta.
Dengan menggunakan jasa kami, Anda bisa bebas menentukan nama merek maupun logo sesuai keinginan.
Ataupun kami bantu dengan memberikan beberapa pilihan alternatif. Anda juga dapat melakukan diskusi bersama tim kami untuk kebutuhan produk apa saja yang Anda butuhkan.
Kami memiliki berbagai macam varian minuman bubuk instan dengan kualitas premium pilihan terbaik dan bebas dari pengawet berbahaya maupun pewarna buatan di antaranya minuman pelangsing, minuman kewanitaan, suplemen, minuman kecantikan, minuman herbal, serta minuman café kekinian.
Jalin kerja sama bersama kami dan dapatkan keuntungan berupa penyesuaikan modal yang Anda miliki; negosiasi HPP; MoU terjangkau; kepengurusan HKI, BPOM, serta HALAL MUI; formulasi khusus dan rahasianya terjamin aman 100%; produksi dengan sistem GMP serta HACCP; dan masih banyak lagi.
Maklon terlengkap dengan proses yang memudahkan, cepat, aman, amanah, dan terjangkau. Untuk informasi selengkapnya, silahkan hubungi kontak CV. Putra Farma Yogyakarta
Temukan kami di media sosial
Instagram : @putrafarmayogyakarta
Facebook : Putra Farma Yogyakarta
Putra Farma Yogyakarta. Harga minimum, rasa premium.
“Promo setiap pembelian 5000 box free 250 box all varian. Segera buat produk versi terbaik Anda sendiri. Ada free ongkir dalam kota lho!”
Source :